Posted by : Boma Rinaldy Sangaji Sunday, September 4, 2011


TWITTER memang sedang popular, bila dibandingkan dengan Facebook yang sedang turun pamor. Kali ini saya sedikit akan menuliskan beberapa kelakuan norak dari pengguna Twitter terutama yang berada di Indonesia. Dari mana saya mengambil kesimpulan ini? Ya tentunya berdasarkan pengamatan saya pribadi. Sepakat atau tidak sepakat tidak masalah dan semoga tidak menyinggung beberapa pihak. Di dalam judul itu saya menggunakan “(Indonesia)” karena siapa tahu di luar negeri tidak seperti itu, walaupun sebenarnya kecenderungannya sepertinya sama. Baiklah langsung saja, 4 kenorakan pengguna Twitter yang dapat saya temukan yaitu:

1. Menghina Artis-artis untuk Mendapat Perhatian
Artis dan selebriti, baik lokal maupun interlokal mancanegara, memang banyak yang eksis di Twitter. Yang senang ya para penggemarnya karena bisa langsung kontak dengan me-mention mereka. Naifnya, sebagian dari pengguna Twitter itu mengharap secara berlebihan sang artis akan me-Retweet atau minimal me-Reply tweet mereka. Silahkan anda lihat saja profil pengguna Twitter non-seleb yang kebetulan di RT artis, anda akan menjumpai dalam satu halaman bisa ada beberapa tweet yang me-mention sang artis. Di situ letak kenaifan mereka, sudah barang tentu sang artis tidak akan bisa menjawab semua tweet-tweet mereka. Kalau mereka ngetweet sekedar balas kalian, bosan juga lama-lama kali.
Yang tambah menyembalkan, disamping naïf beberapa diantara mereka naik level jadi norak. Demi mendapat perhatian artis jalan pintas diambil. Ejek saja sang artis, minimal katakan sombong tidak mau menjawab tweet mereka. Peluang di retweet jadi lebih besar, minimal akan mendapat klarifikasi dari dia.
Namun tidak semua artis akan berbaik hati melakukan klarifikasi, biar bagaimana artis juga manusia yang bisa tersinggung. Sherina Munaf beberapa hari yang lalu tampak amat tersinggung karena dia dikatakan sombong karena dia tidak bisa berfoto bersama penggemar. Sang pengejek dan temannya saya lihat tampak ‘menikmati’ Sherina yang tersinggung itu. Yang lebih parah saat Armand Maulana yang juga dihujat gara-gara memposting dirinya sedang baju ‘anti Liverpool’. Reaksinya follower Armand yang Liverpudlian sungguh amat lebay. Mereka tampak amat tersinggung klub idamannya diejek. Padahal biasa juga kali ejek-ejekan apalagi itu klub luar yang segitu pentingnyakah harus dibela. Saya sempat search tweet yang memention dia dan luar biasa isi ejekan-ejekannya. Beberapa akhirnya memang dibalas oleh Armand karena dia benar-benar tersinggung.
Tapi kalau dipikir DEMI DI-RETWEET apakah sampai harius segitunya. Yang ada kalian justru malah jadi tidak disukai sama sang artis. Bolehlah kita me-mention seleb atau menjawab tweetquetion seleb tapi ya jangan terlalu berharap dibalas. Ngapain juga, malah jadi makan hati kalau nunggu-nunggu kaya gitu.
2. Memohon-mohon agar di follow back artis
Iya pasti kita akan merasa sedikit atau banyak bangga kalau ada artis yang mem-follow kita, tapi apa ya sampai harus memohon-mohon untuk di-follow balik sama mereka? Emang kalau si artis mem-follow kita trus kenapa? Kita jadi bertambah follower gitu? Tidak. Tidak ada pengaruhnya sama sekali mau ada artis atau tidak di daftar follower kita. Paling ya yang kita dapat cuma bangga itu saja, tapi ya kebanggaan itu juga semu. Siapa coba yang tahu kalau ada artis follow kalian? Emang teman-teman kalian mengamati siapa-siapa aja follower kalian? Saya rasa tidak.
Yang ada malah mungkin kalau artis dipaksa follow, dan mereka mau, tak lama kemudian akan unfollow. Ya ngapain juga mengikuti tweet-tweet orang yang tidak dikenal mereka? Lagian kebanyanakan artis sepertinya hanya ngobrol dengan sesama artis saja, atau teman yang benar-benar ia kenal. Mubazir juga ada artis di follower kalian kalau ternyata kalian dicuekin.
Catatan untuk point ini adalah tentang para follower Justin Bieber. Saking berharapnya di-follow balik sama seleb itu dengan amat sering memention dia sudah amat sering nama dia tampil di Trending Topic. Bosan ngeliatnya.

3. Me-retweet Permohonan Balasan Mention
Ini khusus bagi seleb, terutama di Indonesia, yang sebagian dari mereka demen banget meretweet permohonan balasan mention ke dia. Mungkin biar kelihatan wah diantara follower-nya juga sekaligus biar kelihatan keren di mata artis-artis lain yang mungkin follower-nya tidak sampai memohon-mohon gitu.
Saya sendiri sampai saat ini hanya mem-follow 4 artis yaitu @chua_kotak, @sherinamunaf, @radityadika dan @deelestari [dua nama terakhir lebih cenderung ke penulis] dan sepertinya mereka tidak seperti itu. Namun suatu kali ada tweet yang me-mention L*na Ma*a dan Ch*ky Sitoh*ng dan karena penasaran saya lihat halaman timeline mereka. Dan wow timeline mereka cukup dipenuhi balasan, RT pula, permohonan mention para fans-nya agar segera dijawab. Risih saya melihatnya, untung saya ga follow dia. Sebenarnya sebelumnya ada artis lain yang kebetulan saya follow dan sering seperti itu. Karena risih jadi saya unfollow saja. Sampai sekarang hanya 4 artis itu saja yang masih saya follow.
Jadi ingat peribahasa Ada Asap Ada Api, yang kurang lebih artinya tidak ada satu perbuatan yang dilakukan tanpa penyebab. Seandainya para fans dan follower itu tidak memohon-mohon atau sering me-mention artis retweet permohonan ini pasti tidak akan ada.

4. Chaining Retweet
Istilah ini saya dapat dari Akhyar yang mana intinya di dalam satu tweet itu terdiri dari beberapa RT. Sambung-menyambunglah gampangannya. Iya saya paham banyak diantara pengguna Tweeter yang menggunakan RT untuk membalas tweet kawannya. Padahal sebenarnya itu membuat risih pengguna yang lain karena percakapan pribadi ngapain juga harus diumbar di depan umum. Yah untuk yang percakapan saya agak bisa memaklumi tapi untuk yang di dalam satu tweet ada lebih dari satu RT saya amat sangat risih. Apalagi kalau yang misalnya berbunyi seperti ini:
RT @dahlia: sipidiii.. RT @melati: capeee RT @mawar: beep RT @melati: boop RT @anggrek: buup RT @dahlia: biip
Kalau mau sambung-sambungan sejenis itu Twitter kurang tepat karena karakternya terbatas 140 saja dan yang menikmati hanya kalian saja, pengguna yang lain sangat risih. Perlu diingat, Twitter adalah Jejaring Informasi sementara Facebook adalah Jejaring Pertemanan. Untuk lebih puas chit chat sama kawan silahkan di Facebook saja biar lebih puas dan tak terbatas. Bukannya melarang tapi hanya menghimbau karena kadang yang jadi masalah ‘tersangka’ peristiwa itu adalah kawan kita sendiri. Kita mau unfollow rasanya koq ga enak, serba salah jadinya.
——
Kurang lebih itu kenorakan-kenorakan yang saya temukan. Semoga tidak ada yang tersinggung. Sekedar memberi saran, kalau memang pengin ngetweet yang ngetweet aja. Tidak usah kalian terlalu risau memikirkan follower kita yang sedikit. Toh kalian juga bukan seleb inih jadi darimana juga kalian bisa dapat ‘fans’. Ngetweet aja hal-hal yang bermanfaat, nanti follower juga datang dengan sendirinya.
Sama satu lagi, kalau kalian hanya mempergunakan Twitter hanya untuk follow artis dan update status-status bak ABG labil percaya saja kalian akan cepat bosan Twitter-an. Follow juga akun Twitter situs-situs berita, baik itu berita umum atau yang demen showbiz ya follow berita-berita artis. Kalau seperti itu kalian tidak akan cepat bosan karena kalian juga akan dapat informasi baru. Follow juga akun-akun real life dan akun-akun hiburan biar kalian juga bisa tertawa sambil Twitteran.

dan Semua Tergantung Pendapat Anda Okey
oh iya ini Cuman Copast dari http://siralkaf.wordpress.com/2010/05/05/4-kenoraka-gguna-twitter-indonesia/

Memliki beberapa Pertanyaan?
Just Follow my Twitter And klik this Image

{ 4 komentar... read them below or Comment }

  1. boma, maaf aku copas postingan kamu ini buat bahan blogku ya , dipostingannya aku kasih link ke postingan ini kog
    ini link nya bit.ly/1Tlmh7L kalau kamu gak setuju,gak ngebolehin atau suruh ngehapus langsung ke koment ya , makasih

    ReplyDelete
  2. Halo

    Kami adalah Organisasi Kristen dibentuk untuk membantu orang dalam kebutuhan membantu, seperti help.So keuangan jika Anda akan melalui kesulitan keuangan atau Anda dalam kekacauan keuangan, dan Anda perlu dana untuk memulai bisnis Anda sendiri, atau Anda membutuhkan pinjaman untuk melunasi utang atau membayar tagihan Anda, memulai bisnis yang bagus, atau Anda menemukan sulit untuk mendapatkan pinjaman modal dari bank lokal, hubungi kami hari ini via email di: ( info.financialloanhome@gmail.com ). Alkitab mengatakan dalam "Lukas 11:10 Setiap orang yang meminta, menerima orang yang mencari, mendapat dan setiap orang yang mengetok, baginya pintu akan dibukakan" jadi jangan biarkan kesempatan ini berlalu begitu saja karena Yesus adalah sama kemarin, hari ini dan selamanya lebih. Harap ini adalah untuk berpikiran serius dan Allah Orang takut.

    Sebagai Kami menawarkan Pinjaman persyaratan di bawah ini

    Pinjaman pribadi
    Pinjaman Hari Bayar
    kendaraan Keuangan
    Kredit rumah
    Konseling hutang
    Kredit usaha
    Student Loan
    Pinjaman konsolidasi
    Pinjaman medis

    Bertindak cepat dan keluar dari tekanan keuangan, kekacauan dan kesulitan dengan menghubungi Mr John Martin Badan Hari via Email di: ( info.financialloanhome@gmail.com ). Anda harus diperlakukan dengan yang terbaik dari sumber daya kami sampai Anda mendapatkan dana ini ditransfer ke rekening Anda, dan cepat dan cepat Anda merespon menentukan seberapa cepat Anda akan menerima pinjaman Anda. Tanpa penundaan Terapkan untuk terbaik dan mudah Loan Anda di sini bersama kami. hubungi kami hari ini via email di: ( info.financialloanhome@gmail.com )
    Salam Mr John Martin

    ReplyDelete

Admin Blog jarang memantau Blog di karenakan tugas di sekolah,Mohon maaf jika komentar belum di balas hingga saat ini Jadi mohon maaf atas ketidak nyamanan ini.
Silahkan komentar di bawah ini , Bila ada Komplain dan lain lain.
Dilarang berkomentar berbau SPAM, SARA, PORN, JUNK.

Gunakan Fasilitas Reply untuk menjawab pertanyaan

Spam adalah : dimana Seorang Blogger memasukan Link yg aktif di Kotak komentar
Komentar Tidak Selalu Langsung Saya Balas, Karena Saya Sibuk Dengan Sekolah, Saya Akan Balas Paling Lama 3 Hari, Kecuali Sedang Online. Terimakasih Atas Pengertiannya

Apabila Ada Kata-Kata Atau Tulisan Yang Salah Serta Komentar Yang Tidak Dibalas, Saya Mohon Maaf
Terima kasih sebelumnya [Boma-internet]

- Copyright © 2013 [Boma-interNet] - Hatsune Miku - Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan -